Thursday, March 18, 2010

Nokia Tuding Tujuh Produk Patennya Disabot Apple

Produsen telepon seluler papan atas dunia asal Finlandia Nokia, Selasa (29/12) telah mengadukan Apple yang dituding telah menyabot beberapa produk yang telah dipatenkan kepada Komisi Perdagangan Internasional (ITC) Amerika Serikat.


"Nokia  menyatakan beberapa hak paten telah digunakan oleh Apple di hampir semua produk  ponsel, pemutar musik portabel, dan komputer, " demikian pernyataan resmi pihak Nokia.

Tujuh hak paten Nokia itu merupakan rintisan mereka dan kini digunakan untuk membuat fitur utama dalam produk-produk Apple, termasuk pula kamera, antena, dan pengaturan sumbar daya energi," jelas Nokia dalam pernyataannya.

Kini, Nokia telah meminta ITC untuk memutuskan pengaduannya itu, dengan memprosesnya selama 30 hari lagi. Diharapkan pihak Apple tidak menjual produk-produk paten Nokia itu hingga 2011 mendatang.

Persaingan Nokia dan Apple diwarnai dengan saling tuding menyabot hak paten. Perseteruan itu melibatkan nilai royalti yang tidak sedikit yang diperkirakan mencapai ratusan juta dolar AS. Persaingan kedua perusahaan itu kian gencar, seiring pergeseran dari industri telepon genggam menjadi komputer genggam dengan kemampuan bermain game hingga berselancar di internet.

COMMENTS :

Don't Spam Here

0 komentar to “Nokia Tuding Tujuh Produk Patennya Disabot Apple”

Post a Comment

 

Copyright © 2010 Indonesian Computer News | insan lammusu. All Rights Reserved. Powered by insan art and Distributed by insan .